Friday, April 13, 2012

Cara koneksi MySQL dengn PHP

cara koneksi mysql dengan php,pemrograman php,dasar pemrograman php,php, dasar php,pensil-ajaib.blogspot.com,tutorials,programming php,connection mysql with php
pensil-ajaib.blogspot.com | Sobat, apakah sobat sedang belajar pemrograman web dengan menggunakan PHP? Jika ya, sudah sejauh mana sobat belajar PHP? Apakah Sobat sekarang lagi belajar tentang PHP dan MySQL? Baiklah sobat, kali ini pensil ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana mengkoneksikan MySQL dengan PHP. Apa fungsi kita mengkoneksikan MySQL dengan PHP ? Fungsinya cukup banyak sekali, apalagi jika sobat ingin membangun sebuah web atau aplikasi dinamis yang berbasis web. Maka sobat harus dapat mengkoneksikan MySQL dengan PHP untuk mengolah data-data melalui script PHP. Jadi sobat tidak perlu lagi mengkotak-katik di halaman PhpMyAdmin. Nah, untuk itu yuk kita coba bagaimana cara mengkoneksikannya sebelum kita bisa mengolah datanya.

Untuk mengkoneksikan MySQL dengan PHP, ada sebuah fungsi khusus untuk melakukannya. Sobat hanya perlu memanggilnya saja. Bentuk umumnya yaitu mysql_connect($server,$username,$pass) dan mysql_select_db($dbname);

Contoh :


<?php
$server ="localhost"; 
$username="root";
$pass="";
$dbname="latihanku";
$koneksi=mysql_connect($server,$username,$pass) or die ("Gagal koneksi neh...");
mysql_select_db($dbname,$koneksi) or die ("Database tidak di temukan....");
?>


Sedikit Penjelasan :
$server sesuaikan saja dengan nama server sobat. Biasanya kalau pakai server lokal set default nya localhost.
$username nama pengguna MySQL, set default nya root.
$pass password MySQL, set default nya kosong.
$dbname nama database yang ingin di koneksikan. Sobat bisa ganti sesuai nama database sobat.
mysql_connect($server,$username,$pass) or die ("Gagal koneksi neh...");
Ini digunakan untuk mengkoneksikan ke server. Bahasa yang mudahnya yaitu tolong koneksikan ke $server dengan informasi $username dan password $pass. Jika tidak bisa atau ada kesalahan maka akan muncul pesan "Gagal koneksi neh..." 
mysql_select_db($dbname,$koneksi) or die ("Database tidak di temukan....");
Ini digunakan untuk memilih database sesuai dengan attribut yang dibuat. Jika terjadi kesalahan maka muncul pesan "Database tidak di temukan...".

Bagaimana sobat, mudah bukan ? 

1 komentar:

Post a Comment

"Thank you for visiting and reading this article. May be useful. Do not forget to leave a message buddies as a sign of friendship between human beings visit + inter-blog. . ."
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan pesan sobat sebagai tanda kunjungan silaturahmi antar umat manusia + antar blog . . .

Source Code Project Full + Database + Library Pendukung Lainnya

 
Copyright © 2011. Pensil Ajaib . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates