Saturday, March 31, 2012

Dasar Pemrograman PHP

dasar pemrograman php,pemrograman,php,tutorial php,php gratis,belajar php,belajar php gratis,download ebook gratis,ebook php gratis,ebook gratis,php mysql,xampp,mysql,cara instal mysql,
Sobat, kali ini pensil ingin berbagi tentang dasar pemrograman php. Mungkin di antara sobat semua sudah pernah mendengar ataupun mengenal dan mempelajari php. PHP adalah satu bahasa Server Side yaitu bahasa yang bekerja di belakang server dan mampu berkomunikasi dengan server dan mengolah data yang ada di server. PHP termasuk salah satu bahasa yang Open Source artinya bebas lisensi.
Kenapa kebanyakan orang menggunakan PHP sebagai bahasa script Server Side nya ? Karena PHP selain mudah, juga paling cocok atau kompatible dengan Database yang open source juga yaitu Mysql. Baiklah sobat, dari pada bingung-bingung mending langsung aja yuk kita pelajari dasa-dasar nya. Seperti biasa sobat, Pak Lurah yang akan menyampaikan pelajaran ini. 
Pak Lurah "Baiklah warga pensil ajaib, kali ini kita akan mempelajari tentang dasar dasar pemrograman PHP".

Sebelum kita mempelajari PHP, hal yang di perlukan adalah Local Server harus sudah terinstal dalam PC sobat, karena kode PHP membutuhkan sebuah alat yang digunakan untuk memparser atau mengolah kode-kode PHP dan menampilkannya ke dalam browser dalam bentuk HTML murni. Pensil merekomendasikan sobat memakai XAMPP sebagai Local server nya karena Paket ini sudah lengkap dengan PhpMyAdmin nya yaitu Database Mysql. Disini penjelasan tentang cara menginstal XAMPP dengan mudah. XAMPP bisa di download disini. Baik, Saya anggap sobat sudah mempersiapkan semuanya. 

Untuk penulisan kode PHP, sobat bisa menulisnya melalui Notepad bawaan Microsoft Windows atau bisa juga menggunakan software lain yang digunakan untuk menulis script. Kali ini pensil menggunakan Notepad++ sebagai editornya. Terserah sobat mau pake yang mana. Extensi nanti disimpan dengan .php

Struktur PHP
Kode PHP di tulis diantara tag <?php kode php sobat ?> 


<?php
echo "Hay sobat pensil, kali ini belajar script PHP"; //menampilkan teks
?>

Simpanlah pada direktori sobat, misalnya D:/XAMPP/htdoc/Belajar PHP/pembuka.php 
kemudian buka browser sobat dan ketikkan localhost/Belajar PHP/pembuka.php

Hasilnya adalah Hay sobat pensil, kali ini belajar script PHP
  • echo digunakan untuk menampilkan teks ke layar. sobat bisa juga menggunakan print 
  • "Hay sobat pensil, kali ini belajar script PHP" ini merupakan teks atau string yang akan di tampilkan ke layar. String merupakan salah satu tipe data dalam pemrograman PHP. Nanti kita akan membahasnya satu persatu.
  • // menampilkan teks ini untuk menuliskan sebuah komentar. Script ini tidak akan di ekskusi oleh PHP parser. // digunakan untuk membuat komentar satu baris. Jika sobat ingin membuat komentar yang terdiri dari beberapa baris, sobat bisa menggunakan    /*    disini letak komentar sobat    */

Bagaimana sobat, mudah bukan ? Sobat bisa mengulang-ngulang lagi di rumah.
Jika sobat mau softcopy nya, silahkan klik disini. Gratis KOq

0 komentar:

Post a Comment

"Thank you for visiting and reading this article. May be useful. Do not forget to leave a message buddies as a sign of friendship between human beings visit + inter-blog. . ."
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan pesan sobat sebagai tanda kunjungan silaturahmi antar umat manusia + antar blog . . .

Source Code Project Full + Database + Library Pendukung Lainnya

 
Copyright © 2011. Pensil Ajaib . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates